JavaScipt

Kamis, 07 Juni 2012


Benarkah Wazzub sebuah Program SCAM/Bohong???

Bookmark and Share


    Akhir-akhir ini kita sangat mudah menemukan beberapa promosi link affiliasi wazzub.info baik lewat facebook ataupun situs lainnya. Banyak diantara kita yang bertanya-tanya apakah wazzub ini beneran ataukah bohong belaka alias scam?. Sebenarnya tidak sulit untuk mengidentifikasi kebenaran sebuah program affiliasi, proses identifikasi ini cukup rasional dan logis, contohnya:

1. Perhatikan domainnya.

Cek TLD (Top Level Domain) yang dipergunakan. TLD sebuah institusi bonafit biasanya (secara berurut): COM, ORG, NET, US, INFO. Cek juga umur domain, semakin lama umur domain maka semakin lama record/catatan mengenai aktifitas situs tersebut terekam oleh database pencarian Google.com. Kalau domain itu sudah lama, cek hasil review orang lain yang menggunakan program tersebut (contoh menggunakan keyword: wazzub scam). Periksa juga data register situs tersebut, meliputi siapa nama pemilik, dimana server hostingannya, dan sudah berapa kali alamat domain tersebut diperbaharui (renewal).

Situs wazzub, menurut hasil riset kecil kecilan saya apada awal kemunculannya (hingga sekarang) menggunakan TLD .INFO dan belakangan membeli domain TLD .COM. Sebagai bahan perbandingan harga sebuah domain .INFO di godaddy adalah $0.67 alias yang paling murah. Logikanya bagaimana sebuah perusahaan bonafide yang katanya bakalan menjadi pesaing Google membeli sebuah domain murahan? kalau untuk membagikan ribuan USD kepada user dia sanggup, kenapa domain yang dibeli hanya yang berharga $0.67?. Mana mungkin sebuah perusahaan besar yang katanya akan menyaingi google, yahoo, facebook, dan lainnya menggunakan domain .info (itu seh sama saja bunuh diri) yah.. walaupun sekarang Wazzub sudah sudah bisa di akses dengan ektensi .COM, tapi tetap saja itu hanya hasil redirect bukan URL sebenarnya.

Sebenarnya wazzub pernah terdaftar sebagai wazzub.com tapi kemudian terpaksa ditutup entah apa sebabnya. Dan itu sudah terdaftar pada awal tahun 2006. Dan dulu awalnya wazzub berkedok sebagai perusahaan yang mencari pekerja dan mereka berjanji akan membayar mahal pada setiap pelamar. Tapi setelah diumumkan, wazzub akan mengirim email pada pelamar untuk mengirimkan sejumlah uang sebagai biaya administrasi. Dan setelah itu tak selesai, tak ada tindak lanjut. artinya penipuan.

Pada tahun 2011 (january-december), jika di check di whois.net (website untuk mengechek pemilik dan rincian pendaftaran domain) maka yang keluar adalah sebagai berikut:

GIT Global Investments Inc. 391 NW 179 AveBeaverton, Oregon 97006United States

Registered through: GoDaddy.com, LLC (http://www.godaddy.com)
Domain Name: WAZZUB.COM
Created on: 11-Jun-11
Expires on: 11-Jun-12
Last Updated on: 11-Jun-11
Administrative Contact: Department, Hosting service@wazzub.com
GIT Global Investments Inc.391 NW 179 AveBeaverton, Oregon 97006United States+1.5418338222 391 Nw 179Th AveBeaverton, OR 97006

Contact: CATHY L HALVERSON
Phone: Not Available
Directory HeadingPERSONAL SERVICES AND LAUNDRIES
Incorporated: 10/2011; Personal Services and Laundries, Personal services including babysitting, shopping, personal assistants, and laundry services.Tagsbabysitting, laundry, personal, sercurity services, cleaners, lock, locksmith, safes, alarm, security, investigations, safety, fire alarm, fire alarms, fire systems, investigations
Jadi wazzub pernah terdaftar sebagai personal services dan laundries/cuci baju. babysitting. Apa sebenarnya yang dilakukan usaha laundries dan babysitting? anda pasti tau jawabanya. hehe. Ditambah lagi dengan tanggal expires domain 11 juni 2012 artian terlalu dekat dengan janji launchingnya yang direncanakan bulan april. Maka wazzub segera memperpanjang kontrak hingga 2015 sekaligus merubah beberapa data yang tidak perlu (laundries, babysitting) untuk semakin meyakinkan orang-orang.


2. Periksa Modus Usahanya.
Wazzub menjanjikan kita bisa mendapatkan penghasilan bulanan per orang hingga mencapai ribuan USD per bulan secara gratis. Logikanya bagaimana cara Wazzub membayar komisi usernya itu perbulan? kalau user yang layak bayar (5x5) mencapai angka 10.000 orang misalnya, maka perhitungan jumlah bulanan yang harus dibayar oleh pihak wazzub adalah 10.000xUSD 3000 = USD 30 juta. Dengan kurs rupiah sekarang Rp.9000/USD = RP. 270.000.000.000. Bisakah sebuah perusahaan yang baru launching membayar hingga ratusan miliar rupiah per bulan? Kalau penghasilannya dari iklan, berapa advertiser yang akan memasang iklannya pada sebuah situs yang notabene baru dan tidak jelas reputasinya?

Sistem yang digunakan di Wazzub sudah pernah dibuat oleh situs serupa yang bernama “PrelaunchMalaysia.com” yang dulu juga sempat booming karena sangat mudahnya member mendapatkan $$$ dari sana. Dan benar saja, setelah situs tersebut launching, yang ditunggu-tunggu member pun hingga jutaan member dari berbagai negara tidak kunjung datang dan parahnya lagi setelah situs tersebut launching malah mereka menawarkan produk ke member yang mendaftar pada masa pre-launch tersebut, padahal di masa pre-launchnya disebutkan “gratis.. tanpa perlu membeli produk apapun” tapi yang terjadi malah sebaliknya. Dan Wazzub memang sangat mirip dengan Prelaunch Malaysia yang 100% scam.

3. Faktor Keamanan
Situs dengan program seperti ini sangat rawan dengan tindakan hacking. Situs seperti ini biasanya digunakan untuk mengumpulkan data-data member melalui email dan password yang digunakan saat mendaftar disitusnya (Wazzub). Dari sini akan sangat mudah untuk melakukan tindakan hacking terhadap akun email member, karena kebanyakan orang mendaftar disebuah situs menggunakan password yang sama dengan password pada akun emailnya. Nah, dari sinilah tindakan hacking dimulai dan bila anda menggunakan email yang sama dengan akun Paypal, Alertpay, Liberty pada saat mendaftar disitus tersebut maka bersiaplah anda akan kehilangan aset berharga anda. Tentunya anda juga perlu mewaspadai hal semacam ini dan bukan tidak mungkin kalau Wazzub juga ada indikasi kesana. Bila anda sudah terlanjur bergabung di Wazzub sebaiknya
anda langsung mengubah password email anda demi keamanan.

Kalaupun hal diatas itu hanya praduga saya dan kenyataannya tidak seperti itu, Lazimnya sebuah situs finansial (sekai lagi saya bilang bonafide) Wazzub masih menggunakan protokol HTTP yang belum memenuhi standar umum situs yang secure dimana sudah mengaplikasikan protokol keamanan seperti HTTPS atau SSL. Pada point ini sekali lagi saya katakan situs ini masih ecek-ecek untuk situs beraset jutaan dolar.

3. Prediksi Saya
Saya berani bertaruh, bisnis ini dalam waktu dekat akan menampakkan wajah aslinya. Skenario yang masuk akal yang dilakukan oleh pemilik wazzub:
  • Menjual email-email yang dikumpulkan kepada pihak ketiga
  • Melakukan penjualan langsung (barang/jasa) kepada user
  • Memaksa user harus upgrade status account untuk bisa mencairkan earning/komisi yang seharusnya menjadi haknya. User harus membayar sejumlah uang untuk mendapatkan akun premium tersebut (tidak gratis), atau yang paling realistis menurut saya:
  • Dengan banyaknya user yang mendaftar dan mereferensikan pada orang lain, serta meningkatnya rasa penasaran masyarakat, maka traffic menuju situs wazzub.com atau wazzub.info akan membludak. Hal ini membuat rating alexa, Page Rank, dan rating lainnya terhadap situs ini akan melonjak tinggi. Pemilik bisa saja menjual domain yang (awalnya tidak) berharga ini kepada pihak ketiga, atau memarkir (site park) situs ini menggunakan adsense for domain atau Sedo, atau bisa juga situs dipasangi iklan bejibun demi keuntungan pribadi pemilik serta melupakan janji membayar komisi pada user yang bersusah payah melakukan promosi situsnya.
Dan sebagai penutup, bagaimana mungkin kita percaya pada website yang masih pre-launch?? menggunakan domain name.info dan mau menyaingi Google/yahoo/facebook yang sudah memiliki kredibilitas?? Mungkin orang-orang yang masih percaya dengan wazzub akan bilang “APA SALAHNYA COBA? DARIPADA KAMU MENYESAL NANTI. MUMPUNG GRATIS DAN GAMPANG MELAKUKANYA, TOH SAYA TIDAK RUGI APA APA INI....” ya, mungkin ga ada salahnya mencoba. Tapi bagi saya wazzub ini hanya sampah lain dunia maya. Saya tidak pernah sedikitpun percaya situs ini, atau mereferensikan situs ini kepada orang lain, apalagi orang yang saya kenal, karena:

4.Faktor Kenyamanan
Saya tidak nyaman melihat puluhan link affiliasi situs ini beredar di beranda facebook, timeline twitter, Chat YM, atau bahkan via BBM.Bagaimanakah rasanya apabila rumah/kamar anda dipenuhi sampah? Tegakah anda melihat orang-orang terdekat (teman, pacar, atau keluarga) anda disesatkan oleh program scam dengan modus cara mudah untuk menjadi milyuder dengan internet ala Wazzab ini?

Tidak ada komentar: